Oleh: IRWAN TANUWIJAYA*

Masa kuliah adalah masa yang paling saya tunggu-tunggu saat masih berada di bangku SMA. Perdebatan dalam diri kerap muncul untuk menentukan fakultas apa yang ingin dipilih. Segala rasa tidak aman dan takut untuk bertemu orang baru sempat muncul dan memenuhi pikiran. Cita-cita saya waktu itu memang hanya satu, yaitu menjadi orang sukses dan memiliki kehidupan yang bahagia.

Sayangnya, saya tidak mempunyai bayangan sama sekali akan jurusan apa yang harus dipilih. Saya kerap bingung memilih jurusan komunikasi, desain, sastra, psikologi, sampai perhotelan. Akhirnya, saya mendaftar di beberapa universitas dengan mengambil jurusan desain dan psikologi. Bisa dibilang sampai sekarang saya belum mengetahui alasan utama masuk ke psikologi selain mengikuti suara hati. Tetapi, hal paling menarik adalah saya tidak menyesal dengan pilihan saya.

Saya menganggap bahwa saya adalah sosok yang ambisius. Saya ingin melakukan banyak hal dan mengharapkan hasil yang terbaik. Itu juga yang menjadi harapan saya ketika berada di bangku SMA. Terlepas dari latar belakang pendidikan dari SD sampai SMP, sewaktu SMA saya memiliki hasrat untuk aktif di dalam organisasi. Saya menganggap bahwa saya harus membuktikan diri saya dengan menjadi sosok individu yang dapat ‘dianggap’. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk masuk ke dunia organisasi di SMA, yaitu OSIS. Sayangnya, harapan untuk dapat membuktikan dan mengembangkan diri terhambat dengan kenyataan yang berbeda dari ekspektasi saya. Kesimpulannya, saya merasa tidak puas saat bergabung dengan organisasi di SMA.

Saat masuk kuliah, saya memiliki kecemasan tersendiri untuk bertemu dengan orang-orang baru. Walaupun saya sudah mengenal beberapa teman sesama mahasiswa baru dan salah seorang senior, namun rasa takut tetap muncul. Hal yang menghapus itu semua adalah  iklim di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang sangat berbeda. Semuanya menjadi sangat berkesan saat pertama kali mengikuti PRAMABIM sampai kini. Semua pemikiran bahwa mahasiswa baru akan dikerjai, diplonco, hilang. Kehangatan yang diberikan oleh panitia PRAMABIM dan keluarga besar Fakultas Psikologi membuat saya merasa sangat nyaman. Sejak saat itulah saya berusaha untuk membalas dendam ketidakpuasan pengalaman berorganisasi yang saya rasakan di SMA.

Kesan pertama saat ada di Open House organisasi adalah bahwa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya memiliki berbagai pilihan kegiatan yang sangat menarik. Saya pun sempat bingung memilih kegiatan yang ingin diikuti. Akhirnya saya mengikuti organisasi yang bergerak di bidang pendampingan anak berkebutuhan khusus. Alasan itu pun dilandasi kecintaan saya pada bidang sosial. Akhirnya, saya juga mengambil kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kasih sayang terhadap anak-anak kanker. Semuanya terasa sangat spesial dan tidak melelahkan sama sekali.

Seiring berjalannya waktu, sudah hampir dua tahun saya berada di lingkungan ini. Dua tahun sungguh tidak terasa sama sekali. Salah satu faktornya mungkin karena lingkungan yang sangat nyaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa segala tugas dari berbagai mata kuliah di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya tidaklah mudah. Namun, berbagai dukungan dari seluruh masyarakat psikologi membuat saya merasa nyaman dan dapat berdiri sampai sekarang.

Hal yang paling membuat saya bangga dan tidak menyesal sama sekali berada di fakultas ini adalah bahwa saya merasa sangat berkembang dari saat baru masuk sampai sekarang. Segala kesempatan untuk belajar sebisa mungkin saya pergunakan untuk mengembangkan potensi diri. Salah satu organisasi yang membekas dalam hati dan akan selamanya membekas dalam hati adalah Himpunan yang sudah saya jalani selama dua periode terakhir. Segala keluhan, rasa letih, rasa kesal, marah, kerja keras pada akhirnya menjadi kenangan terindah dan menjadi berlian yang akan disimpan sampai mati. Bukan hanya Himpunan saja yang akan menjadi berlian, tapi juga segala kenangan bersama teman, dosen, kegiatan lainnya juga akan menjadi berlian-berlian yang menghiasi hari saya sampai tua. =)

*) penulis adalah mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2010