Oleh: ANDY APRILIADI*

Saya tidak terlalu ‘pintar’ dalam menulis, terutama menulis kesan dan pesan. Saya lebih mudah untuk mengutarakan sesuatu secara lisan, tetapi saya mau berusaha untuk menulis pengalaman dan kesan yang saya dapatkan selama belajar di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (FP UAJ) satu tahun terakhir.

Selama satu tahun menjalani perkuliahan di FP UAJ, bisa dkatakan bahwa saya banyak mendapatkan pengalaman-pengalaman dan kesan-kesan positif. Berbagai hal yang saya dapatkan antara lain adalah interaksi dengan senior dan teman-teman, kegiatan perkuliahan dan organisasi, serta pelajaran-pelajaran dan pengalaman dari para dosen. Banyak hal baru yang saya dapatkan dari semua kegiatan yang tidak pernah saya dapatkan di sekolah. Saya sangat bersyukur karena bisa bergabung dan menjadi anggota keluarga besar FP UAJ.

Dulu saya berpikir bahwa dunia perkuliahan itu berat dan bisa membuat stres. Saya bahkan sempat takut tidak akan bisa mengikuti semuanya. Akan tetapi, semua pikiran tersebut ternyata salah dan jauh dari harapan saya. Memang, banyaknya tugas yang diberikan bisa jadi sangat berat bagi kebanyakan mahasiswa. Akan tetapi, entah mengapa, saya menikmati semuanya dan tetap bisa menerima berbagai hal dengan baik.

FP UAJ juga memberikan saya banyak kesempatan yang sebelumnya tidak pernah saya dapatkan di sekolah. Banyak hal-hal baru yang saya dapatkan selama saya berkuliah di FP UAJ yang, perlu diakui, berguna dan bermanfaat di dalam hidup saya. Dengan semua hal-hal baru inipun saya berani untuk menjadi diri saya sendiri dan memiliki moto “You are what you are, be yourself!”, suatu hal yang dulu tidak pernah saya pikirkan dan tidak berani saya katakan.

Akhir kata, saya sangat bersyukur dengan semua hal yang telah saya dapatkan dari perkuliahan saya di FP UAJ. Saya juga bersyukur karena saya telah ditunjukkan jalan untuk berkuliah di FP UAJ.

TERIMA KASIH, FAKULTAS PSIKOLOGI UNIKA ATMA JAYA!

*) Penulis adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2011