Oleh: HADYAN DHIOZANDI*

Rasanya saya masih bisa mengingat dengan jelas masa-masa pertama kali bergabung di keluarga besar FP Unika Atma Jaya di tahun 2008. Berawal dari sebuah kegiatan yang dinamakan Open House Psikologi, saya mulai mengenal teman-teman yang akan berjuang bersama selama beberapa tahun ke depan, dosen, serta organisasi kemahasiswaan dengan beragam kegiatannya. Saat itu, timbul suatu keinginan untuk terlibat di salah satu organisasi, tetapi saya langsung mengurungkan niat begitu mendengar syarat untuk tergabung di dalamnya. Saya berpikir “sepertinya hanya mahasiswa populer yang bisa masuk”, sedangkan saya sedikit memiliki kesulitan untuk mengenal orang baru dan bergabung dalam suatu kelompok tertentu.

Tahun 2009 merupakan tahun dimana saya mulai tergabung dalam salah satu kegiatan di Psikologi. Saat itu saya bergabung dengan kegiatan Kunjungan Ilmiah (KUNIL), salah satu kegiatan eksternal HIMAPSI. Saya yang tidak memiliki pengalaman bekerja di kepanitiaan memilih salah satu divisi yang menurut saya tidak terlalu membutuhkan pengalaman. Sejak saat itu, saya mulai merasakan bagaimana kehidupan berorganisasi di psikologi, rapat-rapat yang memakan waktu sampai malam namun menyenangkan. Kenapa menyenangkan? Karena saya merasa dunia perkuliahan sesungguhnya baru dimulai dan saya sangat menikmatinya.

Selama mengikuti rapat, saya sering melihat salah seorang teman mengenakan jaket putih, jaket yang sama dengan jaket organisasi yang ingin saya masuki sebelumnya. Saya tidak mengerti apa yang dilakukannya selama rapat, yang dilakukannya adalah menulis catatan pada selembar kertas kecil dan berkomunikasi dengan ketua acara seusai rapat. Saya hanya diberitahukan perannya di dalam rapat adalah sebagai supervisi, namun tidak diberitahu lebih lanjut apa yang dilakukannya di dalam rapat. Sampai pada akhirnya saya tidak hanya mengetahui apa yang dimaksud dengan supervisi, tetapi dapat terlibat langsung di dalamnya. Ya, tidak disangka saya diberi kesempatan untuk bergabung ke dalam KOMPSI, organisasi yang terdiri dari mahasiswa yang disebut Wakil Angkatan (WA) yang memakai atribut jaket putih.  Sampai di tahun ini saya masih tergabung di dalam KOMPSI, rasanya sulit dituliskan banyaknya pengalaman suka duka yang dilalui selama menjadi keluarga besar KOMPSI.

Banyak hal lain yang dapat dibanggakan di FP Unika Atma Jaya, saya sangat bangga dengan pihak-pihak yang ada di dalamnya, saya bangga dengan kegiatan organisasinya, dan saya bangga dengan kebersamaan yang ada di dalamnya. Terima kasih telah menjadi bagian yang patut dikenang dalam hidup.  Semoga FP Unika Atma Jaya dapat terus berkembang, memberikan yang terbaik, dan sukses selalu. Selamat ulang tahun Fakultas Psikologi Atma Jaya!!

*) Penulis adalah mahasiswa aktif  Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2008