oleh: HOSHAEL ERLAN*

Saya selalu bingung dengan momen ulang tahun. Kalau saya sendiri yang ulang tahun, saya bingung bagaimana merayakannya, bagaimana membalas ucapan dari orang yang mengucapkan, ataupun mempersepsi perasaan yang muncul. Sementara kalau orang lain yang ulang tahun, saya bingung dengan cara yang tepat untuk mengucapkannya, bingung dengan kado yang seharusnya diberikan, dan lebih bingung lagi kalau diajak merayakan padahal sebenarnya saya tidak ingat kalau individu tersebut berulang tahun. Apalagi kalau institusi yang berulang tahun? Semua kebingungan yang ada jadi seperti dikuadratkan, membuat saya merasa butuh waktu untuk bisa menemukan cara yang paling tepat untuk bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. Dan semoga menulis menjadi salah satu jalan yang tepat.

Saya berpikir bahwa berkuliah di FP Unika Atma Jaya merupakan salah satu peristiwa paling berpengaruh dalam hidup saya. Mengenang masa kuliah beberapa tahun silam, banyak peristiwa yang terekam manis dalam benak saya. Diskusi-diskusi kecil di dalam dan luar kelas, jalinan pertemanan dengan insan-insan dalam civitas akademika, serta keseluruhan pengalaman yang sungguh bermakna untuk saya. Di FP Unika Atma Jaya saya bertemu dengan orang-orang yang saya kagumi, dosen-dosen yang sangat cerdas dan berdedikasi, rekan-rekan sejawat yang setia mendampingi saya, serta banyak orang-orang lain yang terus menerus mendorong saya untuk belajar. Tanpa mereka sengaja, mungkin kehadiran mereka yang berinteraksi dengan keseluruhan pengalaman saya menjadi fondasi panggilan saya untuk masuk ke dunia pendidikan.

Dan sekarang inilah saya. Seorang dosen yang memiliki pengalaman konkret sebagai seorang mahasiswa di institusi yang sama. Bahkan ketika kuliah, banyak hal yang saya keluhkan dan kritisi dari FP Unika Atma Jaya, dimana hal-hal tersebut sebagian berkembang, sebagian stagnan, dan sebagian mengalami kemunduran. Namun harus saya akui, selalu ada hal yang terasa layak untuk disyukuri dimana saat ini saya memiliki kesempatan untuk benar-benar merealisasikan mimpi dan harapan-harapan saya ketika kuliah dulu, meskipun masih dalam tataran yang sangat mikro. Melihat para mahasiswa yang menjalani tahapan-tahapan belajarnya, gagal dan berhasil, mendengar kisah-kisah mereka, menikmati dan mengkritisi karya-karya mereka, semuanya menjadi montase pengalaman yang sungguh luar biasa, yang membantu saya memaknai diri saya sendiri. Berinteraksi dengan rekan-rekan di fakultas pun menjadi pengalaman yang mengasyikkan, baik dalam situasi yang formal maupun non formal, memberi saya perspektif dan semangat baru untuk belajar dan lagi-lagi mengembangkan diri secara terus menerus.

Sekarang di masa ulang tahunnya yang ke-20, banyak agenda yang harus dikerjakan FP Unika Atma Jaya. Perbaikan menyeluruh, meningkatkan ritme organisasi ke arah kemajuan, dan banyak sekali hal lainnya. Tapi di luar agenda-agenda kemajuan yang mendesak, ada baiknya juga untuk berhenti sejenak dan menikmati hal-hal yang sudah tercapai pada derajat yang membanggakan. Jangkauan aktivitas organisasional yang semakin luas, individu-individu yang berprestasi, teman-teman mahasiswa yang tidak terjebak kepada preferensi karir reguler yang menjauhkan mereka dari kebahagiaan, keberanian untuk melawan arus, dan banyak sekali hal lainnya.

Saya paham betul bahwa tidak semua orang bisa melihat hal-hal ini dan tersenyum oleh karenanya. Tapi saya bisa. Dan saya sudah tahu sejak lama bahwa ini semua adalah tentang para mahasiswa dan bukan tentang diri saya sendiri. Jadi bagi mereka yang belum bisa melihat hal-hal yang mengasyikkan ini, mungkin anda duduk di tempat yang salah.

*) Penulis adalah alumni FP UAJ angkatan 2000, menjadi staf pengajar FP UAJ sejak 2009