Oleh: MARSHA DEMITRIE*

Awalnya saat ditawari untuk ikut menulis di blog, saya bertanya, “Nulis tentang apa?” Salah satu editor berkata, ”Apa aja pokoknya ada hubungannya dengan Psikologi.” Pikiran saya langsung berlabuh di satu topik, MAPLE.

MAPLE atau Make People Learn adalah organisasi pelatihan di Fakultas Psikologi tempat saya bernaung selama empat tahun ini dan seumur hidup saya (keanggotaan di MAPLE bersifat seumur hidup). Saat menjadi mahasiswa baru, saya diwajibkan untuk mengikuti acara Open House 2008. Acara ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa baru informasi mengenai Psikologi, organisasi, dan komunitas yang ada di dalamnya.

Saat banyak organisasi melakukan presentasi, ada satu yang membuat saya sangat tertarik. Organisasi itu bahkan belum dilantik sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa, terbentuknya baru beberapa bulan, dan pengurusnya masih sedikit. Menurut teman-teman saya, presentasi organisasi lainnya lebih menarik, namun saya punya pendapat yang berbeda. Saya sangat tertarik pada MAPLE.

Pendek cerita, setelah proses rekrutmen, saya diterima menjadi anggota pada Kepengurusan 2009/2010. Perjalanan pun dimulai. Di sela-sela perkuliahan, saya menyelipkan jadwal mengurus project yang diberikan di MAPLE. Pusing, stres, jadwal yang padat terbayar dengan rasa senang, pembelajaran yang didapat, dan teman yang sangat menyenangkan. Rasa belonging pun muncul.

Di MAPLE, saya menemukan ketertarikan dalam bidang pelatihan, bertemu dengan orang-orang hebat di bidangnya, menerima pengetahuan di bidang pelatihan, mendapat ruang berlatih dengan terjun langsung ke pelatihan nyata, dan punya jalur untuk berlatih di biro-biro pelatihan profesional. Organisasi ini sangat mengesankan untuk saya. Organisasi ini membantu saya membuka mata mengenai hal-hal yang saya senangi dan akan saya tekuni selanjutnya. Pengalaman ini yang tidak akan saya lupakan sampai nanti, saat saya sudah meninggalkan Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya.

*) Penulis adalah mahasiswa aktif  Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2008