oleh: DIAZ NUGROHO*

Pertama kali saya mendengar tentang Fakultas Psikologi UAJ, yang terlintas di benak saya adalah fakta bahwa ini adalah Fakultas Psikologi terbaik kedua di Jabodetabek setelah UI. Yah, hanya informasi itu yang diketahui oleh seorang siswa kelas 3 SMA bernama Diaz Nugroho sekitar 4 tahun yang lalu. Alih-alih mengambil FP UAJ sebagai cadangan untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tempatnya mendaftar, kini fakultas ini malah jadi tempatnya melanjutkan ilmu setelah SMA.

Malu? Cemas? Takut? Yup! Seorang Diaz merasakannya. Ketika teman-teman terdekatnya diterima masuk ke PTN, ia “hanya” masuk ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kehilangan semangat untuk kuliah? Pasti. Akan tetapi, hal itu hanya berlangsung  sampai ia bertemu dan berinteraksi dengan keluarga baru di FP UAJ. Pengalaman bersama keluarga baru ini dimulai ketika ia mengikuti PraMabim-Mabim dan bertemu dengan rekan-rekan seangkatan yang gokil (2008???!! GOKILLL…!!!). Ia menemukan kembali semangatnya untuk belajar, walaupun masih agak malu ketika ditanya kuliah di mana. Ya, saat itu ketika ditanya, ia selalu menjawab “Atma Jaya” dengan nada sedikit malu.

Kelas pertama yang membuat dirinya merasa sangat beruntung masuk FP UAJ adalah kuliah Psikologi Umum Seksi B dengan dosen Goentoer Geovanni alias Mas GG. Perasaan beruntung tersebut berlanjut di mata kuliah lainnya. Kelas Statistik Mas Japz, kelas Penulisan Ilmiah Mbak Dinast-Mas Reza-Mas Seno, kelas Filsafat Pak Embu, dan kelas Bahasa Inggris Bu Jane Maringka. Itulah sebagian dosen yg ia temui di semester awal. Ups! Ia juga tidak akan lupa dosen terkece yaitu Mbak Atink yang mengajarkan Sejarah dan Aliran Psikologi.

Singkat cerita, ia menyelesaiakan kuliah dalam waktu 3,5 tahun. Banyaaaaaaaaaaaak sekali pelajaran yang diberikan oleh para dosen dan teman-teman di FP UAJ! Kebersamaan, kekeluargaan, etos kerja, kreativitas, berpikir kritis, hingga awareness. Beuh! Banyak sekali konstruk yang diajarkan, baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh FP UAJ. Proses yang panjang akhirnya dapat membuat Diaz dapat berkata kepada orang banyak bahwa FP UAJ adalah Fakultas Psikologi TERBAIK di Jabodetabek. Bukan melebih-lebihkan, tapi memang kualitasnya LEBIH.

Bangga, senang, terharu, dan semua emosi positif (psikologi banget yak! =D) kini muncul ketika ia berkata, “Saya ini lulusan Fakultas Psikologi UAJ!”

Saya bangga menjadi Keluarga Besar FP UAJ, tidak ada fakultas seperti ini di luar sana.

*) Penulis adalah alumni Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2008