oleh: YOVITA ROSARIA*

Kawan, di sini, di tempat ini, hampir 15 tahun aku berada. Seiring dengan usiamu yang menjelang 20 tahun, aku masih hidup bersamamu.

Pertama kali aku tahu namamu, orangtuakulah yang mengenalkanmu. Ketika itu usiaku 21 tahun dan baru saja lulus kuliah. Tidak terbayang, aku lulus tes dan diterima jadi karyawan di Fakultas Psikologi UAJ.

Sungguh Tuhan punya rencana indah buatku dan lengkapkah sudah nama Atma Jaya melekat dalam keluargaku. Bapak, Ibu, dan adikku semua hidup dari dan untuk Atma Jaya. Hingga bertemu jodohpun aku di Atma Jaya. Ketika itu aku masih penakut dan malu, tapi aku belajar banyak darimu.

Seiring berjalannya waktu, kau memberikan kepercayaan kepadaku untuk melangkah maju. Sungguh, bersama denganmu membuat aku nyaman karena menemukan tempat bernaung. Alangkah senangnya aku dapat berada dalam lingkungan yang penuh rasa kekeluargaan dan persaudaraan. Senang sekali rasanya dapat melayani keluarga ini dengan baik dan semua mengalir tulus tanpa pamrih.

Tak terlintas dan tak pernah terbayang dalam benakku, bahwa pada satu saat aku pernah terjatuh di jalan tebing yang curam. Semua tantangan itu kujalani dengan sabar. Aku bertahan dengan segala kekurangan dan kelebihanku, bertahan untuk selalu menyayangimu dan mencari makna hidup yang lebih jelas. Aku ingin terus bersamamu, tapi aku juga harus berjuang untuk menggapai harapan dan cita-cita baru. Pada satu titik, aku dihadapkan pada pilihan dalam hidup.

Terima kasih kawan karena engkau telah mau berbagi denganku. Entah sampai kapan aku akan bersamamu. Sungguh, bersamamu selama hampir 15 tahun adalah bagian hidup yang tak mungkin terlupakan. Selamat ulang tahun kawan. Semoga engkau bertambah dewasa dan namamu tetap harum sepanjang masa.

Salam perjuangan buat sahabat-sahabatku di sekretariat. GBU all!

*) Penulis adalah staf sekretariat FP UAJ sejak 1997, mantan Kepala Tata Usaha FP UAJ