oleh: REBEKA PINAIMA*

Menulis “C4” sudah bisa menghasilkan satu senyuman kecil dari bibir saya. Bagaimana jika saya ceritakan hal-hal yang saya maknai dari satu huruf dan satu angka tersebut?

C4–Saya datangi pertama kali di akhir Juli 2007. Saya hendak mengembalikan formulir keikutsertaan dalam kegiatan Pramabim-Mabim. Betapa menariknya senior-senior saya yang menjaga stand saat itu. Saya tidak sabar untuk segera mengikuti Pramabim–Mabim (….dan terbukti sangat ASYIIIIK!) ;)

C4–Lahan di mana semua informasi menggiurkan tertempel: segala jadwal, informasi kegiatan terkait psikologi, mading (majalah dinding) organisasi komplit dengan foto-foto mahasiswa Psikologi, dan database. Saya rajin mengunjunginya di saat sepi untuk diam-diam menyalin berbagai informasi tersebut yang sungguh bermanfaat bagi kegiatan akademis dan passion saya. ;D

C4–Berperan menyambungkan berbagai aspek di kehidupan akademis saya: konsultasi dengan dosen PA (Pembimbing Akademik), mencetak KRS (Kartu Rencana Studi), mendaftar mata kuliah, mengurus KBT, berkoordinasi dengan dosen. Sepertinya hampir seluruh rongga C4 sudah pernah saya jajaki secara berkala. Saya mulai dari kagok dan bingung, sampai menjadi hafal luar kepala; dari bosan dengan rutinitas, hingga malah sangat rindu untuk mengulanginya sekali lagi. ;D

C4–Terdiri dari ruang rapat dan berorganisasi, ruang belajar, dan ruang mengasah kompetensi. Selama dua tahun kepengurusan di KOMPSI dan setahun menjalani YPB, saya banyak berdinamika di ruang-ruang C4: ruang rapat dosen, ruang-ruang dekanat, ruang dosen honorer, bilik YPB, ruang fotokopi, dan ruang staf sekretariat. Setiap ruang menyimpan kisah yang menarik; perjuangan yang gigih dan kerap tidak mudah, dukungan dan semangat dari berbagai sosok luar biasa, hingga berbuah hasil yang manis dan patut saya banggakan. :D

C4–Memuat ruang serba hijau yang ciamik serta ruang yang sering ramai penuh kotak batik, lokasi ‘rumah’ konsultasi skripsi saya selama empat semester. Bukan main gejolak emosi dan pergumulan kognitif yang pernah saya rasakan di dalamnya. Betapa berharganya semua hal tersebut sesudah konsultasi saya berakhir. Betapa bersyukurnya saya dipertemukan dengan kedua pembimbing saya di tempat ini ;) ;D

C4–Saya lulus sidang sarjana di sini.  Need I say more? :D

C4–Akhirnya, ruang interaksi saya dengan berbagai jenis individu: teman, senior, junior, dosen, staf. Interaksi tersebut berbuah kenangan, pengetahuan, kompetensi, pengalaman, serta pelajaran hidup. :’)

Mungkin suatu saat, C4 tidak lagi menjadi Sekretariat Fakultas Psikologi. Mungkin saja C4 hanya akan menjadi suatu ‘lantai 4 di Gedung C Unika Atma Jaya’. Syukurlah esensinya sudah saya abadikan melalui tulisan ini, melalui memori saya, melalui memori segenap civitas FP UAJ lainnya yang pernah merasakan hal serupa.

Dirgahayu ke-20 Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.

Terima kasih atas semua senyuman ini. :D😀😀😀

*) Penulis adalah alumni Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2007