Oleh: EDWARD SAMUEL*

Gue mo cerita sedikit tentang sahabat gue, namanya psikologi:

  1. Nama lengkapnya Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya Jakarta, nama pendeknya banyak, bisa Psiko, bisa Psi, bisa Psycho, banyak deh.
  2. Umurnya 19 tahun, tapi ya begitu deh, lagi labil karena baru aja ganti pacar. Tadinya pacarnya itu anak angkatan 2003, udah jadian selama 8 tahun eh berasa ga cocok, jadinya sekarang dia pacaran sama anak angkatan 2011. Kita liat aja berapa lama dia bisa bertahan. Tolong bantu doa ya, setahun ini lagi banyak masalah tuh dia ama pacarnya yang baru. Maklum pacar baru jadi musti adaptasi lagi deh.
  3. Paling suka warna ungu. Semua barangnya ungu. Bolpen ungu, casing handphone ungu, mobil ungu, banyak deh yang ungu. Bahkan saking cintanya sama ungu, dia benci tuh warna lain.
  4. Bercita-cita jadi fasilitator, analis permasalahan psiko-sosial, asesor, sama perancang intervensi psikososial. Bagus deh kalo cita-citanyakayak gitu. Asal jangan ikut-ikutan temen-temennya aja, pengen jadi HRD. Haduh.
  5. Sering dimarahin orangtuanya, karena waktu pergi kuliah pagi-pagi, terus pas pulangnya pagi juga. Aneh, kenapa dimarahin ya? Dimarahin itu harusnya kalo pergi pagi-pagi, pulangnya malam. Ckckck.
  6. Suka memanggil orang lain dengan panggilan Mas dan Mbak di depan nama orangnya. Jadi misalnya nama orangnya Acong, ya dia panggil Mas Acong. Ga peduli orangnya jauh lebih tua, eh tetep aja manggilnya Mas dan MbakCkckck. Kadang-kadang sih masih sopan kalo udah ketemu orang yang jauh lebih tua lagi. Yah, masih dipanggil Bu lah.
  7. Aktivitasnya banyak, salah satunya suka nyebarin gosip ga jelas. Kalo udah nyebarbegh, bisa satu kampung tahu. Trus, aktivitasnya yang lain itu cari fenomena. Gue sampe sekarang juga bingung fenomena apa yang dia cari. Selalu baru tiap minggunya. Begh.
  8. Suka banget baca buku. Apalagi buku-buku berbahasa Inggris. Ga tahu kenapa, 90% buku-buku bacaannya ya Bahasa Inggris. Walaupun dia ga terlalu jago bahasa Inggris, tetep aja dilahap tuh buku.
  9. Kalo menulis nomor induk mahasiswa, suka mengganti angka 070 dengan lambang Ψ. Jangan tanya gue arti tuh lambang, gue ga ngerti.
  10. Dia bisa tuh menentukan dan mengisi sendiri jadwal kuliah semester depannya. Makanya temen-temennya yang lain, seperti Manajemen, Hukum, dan Biotek, suka ngiri tuh sama dia. Beda kalo temen-temennya yang lain kan udah dapet mata kuliahnya satu paket, dia doank tuh yang beda.
  11. Kalo ditanya tempat nongkrongnya, jawabannya selalu Hall C  sama Plangi a.k.a Plaza Semanggi.
  12. Suka banget ngejahatin juniornya di kampus. Bayangin aja, masa dia sering minta juniornya sebagai kelinci percobaan eksperimen. Belum lagi kalau dia sering minta juniornya untuk jadi subyek field kontes. Kasihan juniornya.
  13. Suka kesal sendiri kalau sering dikira bisa membaca orang. Kalau sudah begitu, dia cuma bilang, “Emangnya gue cenayang apa?”
  14. Cinta banget ama kampus, sampe hari Minggu aja masih ke kampus.
  15. Oiya, hobinya yang lain adalah selalu membuat jargon tiap tahunnya. Agak-agak lupa sih, kalau ga salah dia bikin jargon “Asik” tahun 2007, terus jargon “Gokil” tahun 2008, “Luar Biasa” tahun 2009, “On Fire” 2010, ama “Jago” tahun 2011. Ga tau deh apa lagi jargonnya untuk tahun 2012 ini. Yah, apapun itu, semoga jargonnya yang dia buat se”Maksimal” mungkin deh. Oiya, satu lagi, dia suka ganti-ganti jargon juga. Waktu dia sudah jadi angkatan ++, jargonnya berubah jadi “Pasti Lulus”.
  16. Dia pernah cuci nilai matakuliah yang bobotnya cuma 2 SKS. Buset. Itu pun kalau ga salah, tadinya nilainya B ato B+ gitu gue lupa. Dia ambil ulang lho, biar dapat A katanya. Ga tau deh dapet ato nggak.
  17. Nulis ENFP di bio Twitter-nya, entah apa maksudnya.
  18. Selalu sedia tape recorder, lembar informed consent, dan stopwatchdi sakunya, kalau ditanya kenapa, dia cuman jawab, “Siapa tau butuh”.
  19. Games permainan online di komputer yang dia suka itu cuman tiga: GDocs, Prezi, sama Dropbox.
  20. Selalu ngiler kalau dengar bunyi bel.
  21. Pernah membintangi iklan Oskadon dan Carex. Gitu-gitu dia terkenal juga sih. Salut. Setelah ini iklan apa lagi ya?
  22. Waktu SD, paling suka pelajaran matematika, terutama mengitung penjumlahan di secarik kertas besar. Paling suka pelajaran menggambar juga, terutama gambar pohon, gambar rumah, sama gambar orang.

Itu sih yang gue tahu tentang dia. Psikologi memang anaknya agak aneh, tapi sebetulnya dia baik kok. Sebentar lagi dia akan ulang tahun yang ke-20. Kira-kira kasih kado apa ya? Hmm… Bingung nih…

*) Penulis adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2009