Oleh: ANASTASIA N. PETRONELA ASSA*

Menulis? Oh, sesungguhnya saya tidak pandai menulis! Saya adalah salah satu dari segelintir (atau beberapa) orang yang susah untuk menuangkan kata-kata dalam bentuk tulisan. Namun ketika melihat blog ini, saya jadi ingin ikutan menulis dan berbagi cerita tentang pengalaman yang baru saya alami selama (hampir) satu tahun di FP Unika Atma Jaya.

Sangat excited! Dua kata tersebut mendeskripsikan perasaan saya menjelang rangkaian kegiatan Open House dan Pramabim-Mabim di FP Unika Atma Jaya pada bulan Agustus 2011 lalu. Selain karena saya merasa sudah bosan libur selama tiga bulan, saya juga tidak sabar untuk memulai kegiatan perkuliahan di FP Unika Atma Jaya ini, yang katanya very something (sesuatu banget).

Pada awalnya saya tercengang ketika melihat kakak-kakak fasilitator pramabim (baik perempuan, maupun laki-laki yang ternyata adalah mahkluk langka di FP Unika Atma Jaya) joget luwes tanpa malu sambil menyanyikan lagu-lagu yang menurut saya cocok dibawakan pada acara anak-anak. Sebenarnya saya masuk kuliah atau kembali ke taman kanak-kanak? Lucu. Rasanya hampir tidak ada camping fakultas untuk mahasiswa baru yang serupa seperti ini, diajak joget dan bernyanyi bersama kakak-kakak fasilitator. Bukannya biasanya senior itu galak?

Suatu hari ketika baru beberapa hari kuliah, saya dan beberapa teman bermaksud ikutan ‘nangkring’ di Hall C – yang dikenal sebagai pangkalan Psikologi. Tapi pikir saya, “Ah… Ini kan tempatnya senior”. Lalu di saat yang sama seorang senior menghampiri kami, “Hoi! Ngapain berdiri? Sini, gabung aja lah!”. Lho, kirain kalau ikutan nongkrong di Hall C bakalan diusir…

Enggak galak kok.

Enggak diusir kok.

Kedua pengalaman tersebut membuat saya menyadari betapa kentalnya rasa kekeluargaan dalam fakultas ini. Dengan kegiatan yang kami lakukan bersama dengan senior, dengan ajakan untuk bergabung walaupun sekedar untuk bercanda tawa sampai curhat, membuat saya semakin betah kuliah di FP Unika Atma Jaya.

Saya juga senang dengan materi kuliah yang disampaikan! Semuanya seru, dan erat sekali kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Walaupun tugas-tugas tiada henti menyerang, namun rasa kekeluargaan dan kebersamaan di dalam FP Unika Atma Jaya membantu saya untuk menyelesaikan tugas dengan (kayaknya sih) baik. Saya sangat senang ketika kami, mahasiswa, bahu-membahu dan saling menyemangati dalam proses pengerjaan tugas, sampai menghibur di kala putus cinta. *eaa*

Saya juga bersyukur karena begitu banyak wadah pembelajaran dalam FP Unika Atma Jaya, baik berupa organisasi, maupun kegiatan lainnya yang sangat seru, dan bisa menjadi wadah bagi minat dan bakat kami, mahasiswa. Saya merasa beruntung dapat bergabung di salah satu organisasi, yaitu HIMAPSI (Himpunan Mahasiswa Psikologi) sebagai Staff Public Relations. Di dalam organisasi, saya memperoleh pelajaran serta pengalaman yang kelak akan berguna bagi masa depan saya. Selain organisasi, saya juga sangat bersyukur karena dapat kesempatan untuk ikutan main di Teater Musikal SADA! yang akan tampil di acara penutupan Lustrum FP Unika Atma Jaya. Sungguh pengalaman yang luar biasa, yang mungkin saja tidak dapat saya peroleh di tempat lain.

“Sesibuk itukah kalian? Sebanyak itukah tugas kalian? Nggak capek?”

Pertanyaan tersebut sering ditanyakan kepada saya, dan mungkin kepada pada mahasiswa FP Unika Atma Jaya. Ya. Kami disibukkan dengan tugas kami yang tiada henti, serta kegiatan yang seru banget. Capek? Jujur aja secara fisik saya capek. Ingin rasanya bisa tidur malam dengan durasi yang cukup seperti pada bangku sekolah dulu… Namun, saya menikmati. Saya menikmati segala materi perkuliahan yang ada di FP Unika Atma Jaya, dan juga kegiatannya. Capek, tapi senang.

Akhir kata, saya ingin menuliskan sebuah lirik lagu yang merupakan Mars Psikologi FP Unika Atma Jaya:

Kami, kami, anak Psikologi!

Bergegas, bertualang, menggapai mimpi.[1]

Dengan riang juga bersemangat, siap jadi orang hebat.

Tam, tam, tam, tapil beda, tapi semua sama.

Lirik kanan-kiri cari yang sebangsa.

 Muke gile / hati hampa gak jadi masalah…

Psikologi gak pernah misah-misah!!”

Selamat ulang tahun FP Unika Atma Jaya, semoga kekeluargaan ini akan terus terjalin. J

*) Penulis adalah mahasiswa aktif  Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2011


[1] Lagu Mars Psikologi ciptaan Roberto Sontani, alumni angkatan 2004