oleh: FRANSISKA HARSYANTHI*

Gue cukup bingung mau mulai dari mana. Gue sebelumnya ga pernah berpikir untuk masuk ke Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang sekarang menjadi bagian dari hidup gue. Ketika gue memilih untuk berkuliah di sana, awalnya gue merasa ga siap secara mental. Gue takut ga bisa menyesuaikan diri dengan kultur yang ada. Maklum, gue anak SMA Negeri dari pinggiran Jakarta. Tapi, ternyata ketakutan itu ga pernah jadi kenyataan.

Masyarakat Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya ternyata sangat menerima dan hangat terhadap gue. Sekarang, udah 3 tahun gue berada di sini. Tahun yang penuh keluarbiasaan. Tahun ini gue punya beberapa kesamaan sama Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. Pertama, tahun ini gue juga berumur 20 tahun. Kedua, di usia ke-20 ini, gue pun membuat gebrakan dalam sejarah hidup gue. Kalau Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya menyelenggarakan acara besar-besaran untuk merayakan ulang tahunnya, gue punya tanggung jawab baru yang ga kalah besar dengan menjadi ketua sebuah organisasi kemahasiswaan.

Gue ga pernah punya mimpi untuk ada di posisi gue yang sekarang. Gue bahkan pernah menolak untuk berada di posisi gue sekarang. Tapi sekarang, gue sangat bersyukur bisa berada di posisi ini, menjadi bagian nyata dari keluarga besar Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. Gue banyak belajar dengan keberadaan gue sekarang. Mungkin kalau bukan di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya, gue ga akan bisa jadi diri gue yang sekarang, gue ga akan tahu banyak hal di luar dugaan gue sebelumnya.

Terima kasih banyak Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya, untuk semua hal selama tiga tahun ini. Semoga setiap tahunnya semakin baik lagi. Selamat mengulang hari jadi yang ke-20!

*) Penulis adalah mahasiswa FP Unika Atma Jaya angkatan 2009