oleh: BERNADETTE N. SETIADI*

Tidak terasa, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang rasanya baru saja dimulai sudah berusia 20 tahun.  Memang bila fakultas dinamis dan dipenuhi orang-orang muda yang bersemangat, waktu terasa berjalan sangat cepat.

Saya masih ingat pada awal fakultas tercinta ini mulai beroperasi, saya yang waktu itu masih di Universitas Indonesia bersama rekan-rekan dosen lain ikut mengajar di Atma Jaya. Kami cukup sering menempuh jarak Depok-Semanggi yang untunglah waktu itu belum semacet sekarang. Ada perasaan terharu dan bangga ketika melihat fakultas ini telah berkembang menjadi fakultas psikologi yang diperhitungkan di masyarakat, maupun di antara fakultas – fakultas psikologi yang ada di Indonesia. Apalagi bila mendengar dari rekan-rekan di dunia bisnis yang mengatakan bahwa lulusan kita dapat bekerja dengan baik.

Salah satu hal yang merupakan kekuatan dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya adalah variasi dosennya yang merupakan lulusan berbagai universitas baik di dalam maupun di luar negeri, serta minat mereka yang besar untuk mengembangkan diri. Hal ini ikut menyumbang pada interaksi yang sangat dinamis dan terbuka di antara para pengajar maupun antara pengajar dan mahasiswa sehingga suasana terasa akrab. Saya sangat berharap agar hal ini tetap dapat dipertahankan sebagai ciri dari fakultas tercinta ini sehingga dapat semakin berkembang sebagai fakultas psikologi yang disegani dan sekaligus dicintai oleh para pemangku kepentingan.

SELAMAT ULANG TAHUN  YANG KE-20.

SEMOGA TUHAN SELALU MEMBERKATI.

*) Penulis adalah staf pengajar FP UAJ sejak 1994, Guru Besar FP UAJ, dan mantan Rektor UAJ