Daftar Istilah

Ada banyak istilah yang terdapat dalam buku ini. Sebagian diterangkan di dalam tulisan, sebagian lagi kami kumpulkan terlebih dahulu di sini agar memudahkan para pembaca memahami tulisan-tulisan yang ada. Semoga membantu! =)

ATM:  Acara Tutup Mabim, penutupan resmi masa bimbingan mahasiswa baru di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. Biasanya diisi dengan serangkaian pentas seni dan hiburan di kampus.

BKS: Bangunan Kuliah Sementara. Bangunan kayu bertingkat dua yang terletak di bagian depan kampus Semanggi. Terdiri atas 38 ruang kuliah yang dipakai bersama-sama mahasiswa beberapa fakultas. Lelucon di antara para alumni adalah “Sementara itu sampai kapan ya?”

HALL C: sebuah aula yang terletak di lantai bawah Gedung C. Meskipun ini adalah aula milik umum, yang bisa digunakan untuk kegiatan apa saja, namun pada waktu senggang aula ini lebih didominasi mahasiswa Fakultas Psikologi yang duduk-duduk nongkrong, bergunjing, bercanda, curhat, dan mungkin juga belajar. Lelucon yang beredar adalah dinding Hall C mempunyai telinga yang bisa mendengar seluruh kehidupan pribadi mahasiswa.

HIMAPSI: Himpunan Mahasiswa Psikologi. Setara dengan Senat Mahasiswa di fakultas / universitas lain, lembaga eksekutif mahasiswa di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.

 JBT: Jalur Bebas Tes. Sistem penerimaan mahasiswa baru berdasarkan nilai dan prestasi semasa SMA.

KMPA Pelangi: Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam Pelangi, sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang bergerak di bidang kepecintaalaman.

KOMPSI: Komunitas Mahasiswa Psikologi, lembaga perwakilan mahasiswa di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.

LGBT: Lesbian, Gay, Biskesual Dan Transeksual.

MAPLE: Make People Learn, sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang bergerak di bidang pelatihan.

MAWAPRES: Mahasiswa Berprestasi, sebuah ajang pemilihan mahasiswa yang dianggap berprestasi di bidang akademik dan nonakademik, yang diselenggarakan oleh Unika Atma Jaya sejak tahun 2009 (ketika itu disebut sebagai Putra / Putri Kampus).  Tiap fakultas dapat menominasikan mahasiswanya berdasarkan antara lain prestasi akademik dan keaktifan berorganisasi, kemudian akan dipilih 20 finalis hingga akhirnya ditentukan lima mahasiswa terbaik di lingkungan Unika Atma Jaya.

MBTI: Myer-Briggs Type Indicator, alat tes kepribadian yang umumnya digunakan untuk mengukur preferensi / kecenderungan seseorang dalam memandang dunia dan mengambil keputusan. Berakar dari teori tipologi kepribadian Carl Gustav Jung.

OPEN HOUSE: sebuah acara awal tahun akademik yang ditujukan pada mahasiswa angkatan baru. Berisi pengenalan Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya mulai dari peraturan & informasi akademis hingga organisasi kemahasiswaan yang terdapat di dalamnya.

PENA: Tim Pendampingan Anak, sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang bergerak di bidang pendampingan anak-anak yang berada di situasi khusus.

PMDK: Penelusuran Minat & Kemampuan. Program penerimaan mahasiswa baru di sejumlah universitas berdasarkan prestasi / kemampuan calon mahasiswa semasa SMA.

PRAMABIM-MABIM: Pra Masa Bimbingan adalah masa orientasi yang umumnya berlangsung selama 3 hari bagi mahasiswa baru Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. Biasanya dilakukan di luar kota dengan materi acara yang diisi oleh tim dosen atau mahasiswa senior. Masa Bimbingan terus berlangsung selama satu semester di kampus dengan tugas-tugas tertentu yang harus dipenuhi mahasiswa.

PSIKOSINEMA / PSYCHOCINEMA: festival film psikologi yang sudah diselenggarakan oleh HIMAPSI sebanyak lima  kali sejak tahun 2006.

PSYCHOCARE: acara di bidang sosial yang diselenggarakan oleh HIMAPSI.

PSYCHORHYTHM: acara di bidang musik & kesenian yang diselenggarakan oleh HIMAPSI. Tidak hanya diisi penampil dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya saja, tapi juga mengundang musisi terkenal.

SKP: Satuan Kredit Partisipasi, sistem pembobotan keaktifan mahasiswa yang berlaku di Unika Atma Jaya yang mendorong mahasiswa untuk turut aktif di kegiatan / organisasi, menjadi salah satu syarat lulus / sidang.

SKS: Satuan Kredit Semester. Bobot yang diberikan untuk setiap matakuliah.

SNMPTN : Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur seleksi bagi lulusan SMA yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri.

UKM: Unit Kegiatan Mahasiswa, bisa di tingkat universitas maupun fakultas.

YPB: Yayasan Putera Bahagia, sebuah yayasan yang bernaung di bawah pemerintah provinsi DKI Jakarta. Sejak 2005, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya mengadakan kerjasama dengan YPB untuk menyelenggarakan pelatihan pengembangan diri bagi siswa sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) yang kurang mampu.

2 thoughts on “Daftar Istilah”

  1. duh sedih amat nama STAMP ga pernah dimasukin ke daftar apapun.. padahal cuma psikologi yg punya komunitas tari saman :”’)

    • Hai Natasha! Nama STAMP tidak masuk ke daftar istilah di buku ini karena sudah cukup terjelaskan di badan tulisan (https://duapuluhpsikologi.wordpress.com/2012/05/27/tiga-cerita/). Sebaliknya, nama-nama lain di daftar istilah ini masih kurang terjelaskan di sejumlah tulisan, maka dimasukkan daftar istilah agar memudahkan pembaca memahami.. =)

      Jadi, bukan karena STAMP tidak dianggap loh ya.. Kami yakin seantero Psikologi bangga dengan keberadaan dan pencapaian STAMP kok.. =)

      Semoga dimaklumi ya, maaf kalau menimbulkan ketidaknyamanan! =D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s