Pengantar Editor

Ide pembuatan buku ini sebenarnya sederhana. Selama dua puluh tahun berkarya, tentu Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (FP UAJ) telah bersentuhan dengan hidup banyak orang. Pastinya, banyak cerita yang sudah terukir. Sungguh sayang bukan, jika segudang cerita tersebut hanya tersimpan di ruang memori masing-masing individu? Mengapa kita tidak berbagi cerita, sebagai bahan napak tilas dan refleksi menjelang dua puluh tahun FP UAJ?

Begitulah. Ide yang sederhana tersebut lantas diusahakan dalam bentuk nyata. Blog dibuat untuk menampung tulisan. Undangan menulis disebar. Dan dalam dua puluh hari, akhirnya terkumpullah 85 tulisan yang akhirnya siap dibaca di buku ini. Sungguh menarik, dimana puluhan orang, entah yang pernah bersentuhan secara langsung maupun tidak dengan FP UAJ, bersedia meluangkan waktu untuk menulis. Pasti ada suatu perasaan yang ingin disampaikan. Perasaan yang seperti apa? Baiknya kita selami bersama dengan membaca satu per satu tulisan di buku ini.

Semangat kolaborasi dalam pembuatan buku ini amat terasa. Sejak awal, tim penyusun buku terdiri dari mahasiswa (Gita & Leo), alumni (Okki), dosen (Mba Wulan, Mba Dinast, dan Mas Danny), hingga keluarga dari salah satu dosen yakni Mas Johan (suami dari Mba Wulan). Begitu juga dengan latar belakang penulis. Siapa pun bisa menyumbangkan tulisan, entah  mahasiswa, alumni, dosen, staf sekretariat, ataupun anggota keluarga dari keempat komponen tersebut. Hasilnya sungguh luar biasa! Dari 85 tulisan yang masuk, 49 di antaranya ditulis oleh mahasiswa, 14 oleh dosen, 15 oleh alumni, 2 oleh staf sekretariat, dan 5 dari anggota keluarga keempat komponen tersebut.

Selain kolaborasi, semangat kebebasan juga dijaga, terutama melalui tema dan bentuk tulisan yang sama sekali tidak dibatasi. Mau menuliskan refleksi umum? Boleh. Mau menuliskan kesan tentang aspek yang spesifik? Boleh juga. Mau dalam bentuk esai, puisi, cerita, atau apa pun juga bisa. Oleh sebab itu, tidak perlu heran jika melihat betapa kaya dan luasnya kumpulan tulisan yang ada di sini. Berbagai aspek & perspektif tentang FP UAJ bisa ditemui di sini.

Sejumlah kategori dibuat untuk memudahkan pembaca, namun pembaca tidak perlu terpatok pada kategorisasi tersebut. Setiap orang bebas menikmati buku ini dengan caranya masing-masing. Mau membaca berurutan boleh, mau secara acak pun tak masalah. Toh masing-masing tulisan berdiri sendiri dan saling melengkapi pada akhirnya.

Akhir kata, selamat menikmati buku yang pastinya jauh dari sempurna ini. Dalam waktu yang teramat singkat, kesempurnaan bukanlah sesuatu yang dicari oleh para pembuat buku ini. Yang terpenting, temukan dan nikmatilah semangat yang ada dari masing-masing tulisan dan penulisnya. Semangat yang dipadukan dengan rasa cinta & kasih, yang dipersembahkan untuk ulang tahun ke-20 FP UAJ! 

Salam hangat,
Okki Sutanto
Editor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s