Sambutan Dekan

Pemaknaan terhadap sebuah peristiwa berkembang sejalan dengan waktu dan situasi. Saat kejadian tersebut dialami, biasanya suasana hati sangat intens, karena itu muncul nuansa emosional terhadap peristiwa tersebut. Hal tersebut kemudian dirasakan sebagai sesuatu yang menyedihkan, menggembirakan, mengecewakan, atau memunculkan rasa marah.

Rasa (feeling atau afeksi) menjadi menonjol pada saat itu. Waktu berlalu dan situasi orang tersebut berubah. Pemaknaan yang sifatnya afektif itu kemudian cenderung berubah menjadi kognitif. Orang menjadi lebih bisa “melihat” dan/atau memaknai peristiwa tersebut dengan kacamata yang berbeda. Tidaklah mengherankan, maka muncul makna lain, dan bahkan bisa sangat berbeda dengan nuansa emosi yang muncul pada awalnya.

Pemaknaan terhadap Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (FP UAJ) juga demikian. Lihatlah testimoni warga FP UAJ dalam buku ini. Perasaan sebelum masuk atau pada masa-masa berada di FP UAJ terentang dari sikap negatif terhadap universitas di luar jaket kuning hingga pandangan terhadap institusi ini sebagai tempat buangan. Toh pada akhirnya sebagian pandangan itu berubah dan singkat kata cinta habis-habisan terhadap fakultas dengan ciri ungunya ini. Meskipun toh ada juga yang masih  berproses dengan pengalaman kurang menyenangkan saat ini, rasa-rasanya lumrah saja.

Apapun maknanya, kita sadar bahwa persepsi sosial itu selalu sifatnya subjektif. Tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah. Masalahnya terletak pada bagaimana kita melihat dan memaknainya.

Selamat ulang tahun ke-20 fakultas tercinta!

 

Jakarta, 8 Juni 2012
Juliana Murniati
Dekan Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s